Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) harus menjadi momentum
agar dunia pendidikan bisa semakin maju dan berkualitas. Apalagi,
tantangan yang harus dijawab cukup berat dan hanya bisa diatasi melalui
dunia pendidikan.
"Akselerasi dan percepatan kemajuan pendidikan makin baik, tapi jangan puas. Tantangan yang harus dijawab melalui dunia pendidikan adalah segalanya,
Pendidikan merupakan kunci untuk menyelesaikan persoalan bangsa. Sains, research dan teknologi adalah jawaban.
KB & TK Bakti Indria dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional membuat Sains sederhana...
Pengembangan sains pada anak usia dini yaitu:
4. Menfasilitas
dan mengembangan sikap ingin tahu, tekun, terbuka, kristis, mawar diri,
bertanggungjawab, bekerja sama dan mandiri dalam kehidupannya.
"Akselerasi dan percepatan kemajuan pendidikan makin baik, tapi jangan puas. Tantangan yang harus dijawab melalui dunia pendidikan adalah segalanya,
Pendidikan merupakan kunci untuk menyelesaikan persoalan bangsa. Sains, research dan teknologi adalah jawaban.
KB & TK Bakti Indria dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional membuat Sains sederhana...
Pengembangan sains pada anak usia dini yaitu:
1. Membantu
anak untuk memahami sains dalam kehidupan sehari-hari
2. Membantu
meletakan aspek-aspek yang terkait dengan proses sains
3. Membantu
anak-anak untuk memahami kejadian diluar
lingkungan

5. Membantu
anak dalam menjelaskan gejala-gejala dan dapat memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari
6. Membantu
anak untuk mangunakan teknologi sederhana
7.
Membantu anak untuk mencintai
lingkungan dan sadar akan keagungan TYE
Tujuan-tujuan
pengajaran sains pada tingkat anak usia dini
dapat disimpulkan menjadi 3 dimensi sebagai gagasan pokok yaitu:
1. dimensi
produk,merupakan pendidikan yang diarahkan pada pengenalan dan penguasaan
fakta, prinsip, teori maupun aspek-aspek lain dalam bidang sains.
2. dimensi
proses, merupakan tujuan yang diarahkan pada penguasaan ketrampilan pada cara
kerja sains, merupakan cara kerja dalam mengenal, mengendalikan dan
mengungkapkan segala sesuatu yang
terkait dengan alam dengan metode ilmiah.
3. dimensi sikap sains, merupakan sikap atau karakter
yang dibentuk oleh anak usia dini, sehingga anak menjadi sasaran yang menjadi
output serta outcame. Pembinaan dari waktu-kewaktu diharapkan dapat meningkatkan;
a. Sikap
jujur
b. Sikap
kritis
c. Sikap
kreatif
d. Sikap
positif terhadap kegagalan
f. Sikap
tidak mudah putus asa
g. Sikap
keterbuakaan dann diuji
h. Sikap
menghargai dan menerima masukan
i.
Sikap berpedoman pada fakta dan data
yang memadai
j.
Hasrat ingin tahu yang tinggi